11216670
Sifat pembelian industri dan perilaku pembelian
a. tujuan pembelian : pembelian item yang tepat pada jumlah,harga dan saat pengiriman pada tempat tujuan yang tepat. ketetapan dari sisi pengiriman, kualitas, harga yang rendah, pelayan, hubungan dengan suplier
b. aktivitas pembelian : fase dalam proses pembelian: menyadari kebutuhan dan masalah nya, penetapan kareakteristik dan jumlah produk yang di beli, mengembangkan spesifikasi atau deskripsi produk yang diperlukan, perncarian pemasok yang berkualitas, evaluasi usulan dan seleksi proposal, seleksi jalur pemesanan, penilaian kinerja dan evaluasi paska pembelian
c. tipe-tipe pembelian
1.pembelian baru
perusahaan baru pertama kali membeli
2.perubahan pemasok
perusahaan tidak puas dengan kinerja pemasok yang sekarang sehingga mengganti pemasok untuk pembelian produk yang sama
3.pembelian ulang
organisasi/perusahaan yang memerlukan pembelian produk secara berkelanjutan
d. teknik pembelian : spesifikasi produk, harag, periode penyerahan, terminologi cara pembayaran, pajak dan tugas-tugas yang bisa diterapkan, biaya transportasi, biaya pemindahan asuransi, biaya relevan yang lain atau penyajian jasa-jasa gratis
e. buying centre/ buying decision making unit : buying centre merupakan kumpulan individu atau kelompok yang berpartisipasi dalam keputusan pembelian. tugas buying centre sebagai inisiator, pembeli,pengguna, orang yang mempengaruhi pengembilan keputusan, gatekeepers.
f. evaluasi kapabilitas pemasok : Organisasi pembelian mengevaluasi proposal para supplier dalam bersaing dan memilih satu atau lebih para penyalur. Negosiasi selanjutnya dapat dilanjutkan dengan memilih para penyalur berdasarkan harga, terminologi (cara) pembayaran, penyerahan, dan seterusnya. Pembuat keputusan di dalam organisasi pembelian dapat mengevaluasi masing-masing penyalur atas satu set (paket) atribut atau factor yang disetujui.
g. perilaku pembelian the webster and wind model the sheth model
SOURCE:
eferensi :
1.http://heru_p.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.0

Tidak ada komentar:
Posting Komentar