PEMASARAN
INDUSTRI DAN E-COMMERCE
Pengertian E-Commerce
E-commerce merupakan suatu istilah yang sering digunakan atau didengar saat ini yang berhubungan dengan internet, dimana tidak seorangpun yang mengetahui jelas pengertian dari e-commerce tersebut. Berikut akan dipaparkan pengertian e-commerce menurut para ahli :
1.
Perdagangan elektronik atau yang disebut juga e-commerce, adalah
penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis.
Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer
dengan browser Web untuk membeli dan menjual produk. McLeod Pearson (2008 : 59).
2.
Menurut Shely Cashman (2007 : 83) E-commerce atau kependekan dari
elektronik commerce (perdagangan secara electronic), merupakan transaksi bisnis
yang terjadi dalam jaringan elektronik, seperti internet. Siapapun yang dapat
mengakses komputer, memiliki sambungan ke internet, dan memiliki cara untuk
membayar barang-barang atau jasa yang mereka beli, dapat berpartisipasi dalam
e-commerce.
3.
Menurut Jony Wong (2010 : 33) pengertian dari electronic commerce
adala pembelian, penjualan dan pemasaran barang serta jasa melalui sistem
elektronik. Seperti radio, televisi dan jaringan komputer atau internet. Jadi
pengertian e-commerce adalah proses transaksi jual beli yang dilakukan melalui
internet dimana website digunakan sebagai wadah untuk melakukan proses tersebut.
Perubahan
Lingkungan Bisnis
Perubahan lingkungan
bisnis dari masa kemasa dapat dikategorikan dalam dua kategori masa yaitu: (1)
era revolusi industri dan (2) era revolusi informasi. Saat ini dunia usaha
sedang dalam masa transisi menuju era revolusi informasi.
|
Era Revolusi Industri
|
Era Revolusi Informasi
|
|
Evolusi dari custom products, small batch
products, large batch products dan akhirnya commodity products
|
Perubahan dari commodity products ke
large batch products, small batch products dan akhirnya kembali ke custom
products.
|
|
Kecenderungan untuk melakukan Vertical
integration (administrative hierarchies)
|
Kecenderungan ke arah mekanisme pasar
(market mechanism). Konsumen belum begitu cerewet Konsumen cenderung makin
|
|
Big is beautiful.
|
Small is beautiful.
|
|
Product life cycle relatif panjang
|
Product life cycle makin pendek
|
|
Persaingan dalam skala nasional dan
internasional.
|
Persaingan dalam skala global GATT, APEC.
|
Business to
Business Forms of E-Commerce
Transaksi bisnis antara pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya. Dapat berupa kesepakatan spesifik yang mendukung kelancaran bisnis.
Kesimpulan :
Dalam revolusi industri
4.0 sekarang banyak memunculkan teknologi-teknologi baru untuk menunjang
aktifitas manusia. Pada materi ini dibahas tentang e-commerce yang saat ini
mempermudah manusia untuk membeli barang. e-commerce ini tidak terhalang ruang
dan waktu dimanpun anda akan bisa menemukan barang yang dicari.
Daftar Pustaka
Aco, Ambo dan Andi
Hutami Endang. Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam
Negeri Alauddin Makassar
Luckman, Enricko (2014): 5
Model E-Commerce di Indonesia, https://id.techinasia.com/5-modelbisnis-ecommerce-di-indonesia/
Narsa, I Made. 2000. PERUBAHAN
LINGKUNGAN BISNIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP SISTEM MANAJEMEN BIAYA. Jurnal
Akuntansi & Keuangan Vol. 2, No. 1, Mei 2000: 1 - 8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar