Senin, 13 Januari 2020

PEMASARAN INDUSTRI INTERNASIONAL


PEMASARAN INDUSTRI INTERNASIONAL

Sifat Pasar Internasional

Etnosentris adalah suatu asumsi atau keyakinan negeri asal sendirilah yang lebih unggul. Seseorang dengan orientasi ini melihat persamaan dalam pasar dan percaya bahwa produk dan kebiasaan yang sukses di negeri sendiri yang unggul. Karena itu, harus dipakai di mana-mana. Dalam perusahaan etnosentris, operasi di luar negeri dianggap kurang penting dibandingkan domestik, terutama dilakukan untuk melempar kelebihan produksi domestik. Rencana untuk pasar luar negeri dikembangkan di kantor dalam negeri menggunakan kebijakan dan prosedur yang identik dengan yang dipakai di dalam negeri. Tidak ada riset pemasaran sistematis yang dilakukan di luar negeri, tidak ada modifikasi produk yang cukup mendasar, dan tidak ada perhatian yang sungguh-sungguh pada kebutuhan pelanggan di pasar luar negeri.

Polisentris merupakan kebalikan dari etnosentris, yaitu keyakinan yang didasari bahwa setiap negara unik dan berbeda-beda. Cara untuh meraih sukses di setiap negara adalah harus dapat menyesuaikan diri dengan perbedaan unik dari setiap negara. Dalam tahap polisentris, anak perusahaan didirikan di pasar luar negeri. Setiap anak perusahaan beroperasi secara independen dan menetapkan tujuan dan rencana pemasaran sendiri. Pemasaran diorganisasikan dengan dasar negara per negara dengan setiap negara memuanyai kebijakan pemasaran unik sendiri.

Aspek Hukum Dalam Bisnis Internasional

Bisnis merupakan salah satu pilar penopang dalam upaya mendukung perkembangan ekonomi dan pembangunan. Dalam melakukan bisnis tidak mungkin pelaku bisnis terlepas dari hukum karenahukum sangat berperan mengatur bisnis agar bisnis bisa berjalan dengan lancar,tertib, aman sehingga tidak ada pihak-pihak yang dirugikan akibat adanyakegiatan bisnis tersebut, contoh hukum bisnis adalah undang-undang perlindungan konsumen (UU No. 8 tahun 1999).

Resiko Dalam Bisnis Internasional

Spekulasi valuta asing akan mendapatkan keuntungan besar jika seseorang tepat dalam menebak harga valuta asing. Spekulasi valuta asing akan mendapatkan kerugiaan besar juga jika seseorang salah dalam menebak / memprediksi harga mata uang asing itu.
Berbagi resiko Saat ini industri-industri besar begitu kompetitif sehingga tidak ada perusahaan yang dapat menjamin akan meraih kesuksesan ketika perusahaan memasuki pasar yang baru atau mengembangkan produk baru. Aliansi strategis dapat dipakai untuk mengurangi atau mengendalikan risiko perusahaan tunggal. 

Strategi Memasuki Pasar Internasional

Ada beberapa pilihan strategi untuk memasuki sebuah pasar host country, yaitu :
1.                  Melalui kegiatan ekspor ( exporting ) baik secara langsung maupun  tidak langsung ke host country.
2.                  Melalui aliansi strategis ( strategic ailiances ) : lisensi, waralaba, usaha patungan, dan kontrak produksi / manufaktur dengan mitra lokal di host country.
3.                  Melalui investasi langsung ( foreign direct investment – FDI ) dalam bentuk pengambilalihan perusahaan ( akuisisi ) yang sudah ada maupun mendirikan anak perusahaan sendiridi host country.

Kesimpulan dalam pemasaran industri internasional kita perlu mengetahi tentang hukum dalam bisnis internasional. Agar hak-hak sebagai pebisnis dapat diperoleh. lalu kita harus mengetahui pasar yang tepat untuk bisnis internasional agar produk atau jasa yang dihasilkan dapat terjual.

Daftar Pustaka
Modul 1 Karakteristik Bisnis Internasional Ratih Purbasari, M.S.M
BISNIS INTERNASIONAL Oleh: GATUT L BUDIONO, MEc, MBA, PhD


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASARAN INDUSTRI DAN E-COMMERCE

PEMASARAN INDUSTRI DAN E-COMMERCE Pengertian E-Commerce E-commerce merupakan suatu istilah yang sering digunakan atau didengar saat ...